Latest Stories

Title post atau judul postingan ternyata berpengaruh signifikan terhadap SEO. Judul postingan yang SEO friendly mercury cukup menentukan posisi di SERP yang ujung-ujungnya bisa mendulang visitor. Bahkan, ada yang mengatakan kalau title post merupakan variabel yang punya bobot paling tinggi pada Google algoritma.
Bahkan, saking pentingnya title post, sejumlah blogger memilih menentukan judul terlebih dulu, baru membuat isi artikel. Tapi, ini tergantung kebiasaan masing-masing juga sih. Saya sendiri biasanya bikin artikel dulu, baru menentukan judul.

Nah, sekedar sharing, saya ada tips trik membuat judul postingan yang SEO friendly:

1. Buatlah judul berisi keyword yang anda bidik.
Hanya saja, konsekuensinya kadang kita dihadapkan pada kenyataan adanya judul yang kurang menarik. Tapi jika memang berorientasi pada SEO, mau tak mau harus diterima konsekuensi seperti itu. Saya ambil contoh postingan blog ini berjudul Barcelona vs Chelsea, Skor 1-1 . Judul itu jelas kurang menarik. Barangkali titel akan lebih menarik jika ditulis Drama Menegangkan di Stamford Bridge, Iniesta Kubur Impian Chelsea, Petaka Injury Time, dsb.

Tapi, judul Barcelona vs Chelsea, Skor 1-1 tersebut sangat SEO friendly. Kenapa? Karena lebih besar kemungkinan orang mengetikkan keyword Skor Barcelona vs Chelsea ketimbang kata kunci seperti pada judul-judul lainnya tadi.

2. Sebelum membuat judul, ada baiknya melakukan riset kecil-kecilan di Google Trends atau Google Insights untuk mengetahui keyword mana yang lebih banyak dicari.

3. Untuk memaksimalkan hasilnya, gunakan jurus jaring laba-laba. Anda pasti tahu laba-laba, jaringnya tak pandang bulu menjaring mangsa. Mulai dari nyamuk, kupu-kupu, lalat, sampai belalang yang ukurannya cukup besar.

Begitu pula jika membuat judul postingan, gunakan filosofi jaring laba-laba. Untuk yang ini, salah satu trik yang saya lakukan adalah membuat sub judul. Misalnya di postingan berjudul Barcelona vs Chelsea, Skor 1-1, saya tambahkan sub judul Hasil Pertandingan Liga Champion 2009.

Kenapa begitu, karena tidak mungkin semua orang jika menginginkan informasi tentang pertandingan Chelsea melawan Barcelona di Google akan mengetikkan keyword yang sama. Melainkan ada berbagai kemungkinan kata kunci. Misalnya: Skor Barcelona vs Chelsea, Hasil Pertandingan Barcelona vs Chelsea, dan Hasil Liga Champion 2009. Karena itu, tiga kemungkinan tersebut saya mix hingga menjadi judul seperti tadi.

4. Sebelum dipublikasikan, pastikan penulisan ejaan pada judul maupun keyword sudah benar.

Itu tadi tips dari seorang nubi yang penuh analisa ngawur. Semoga bermanpangat. Akhirnya, Yu Painten mangan telo, cekap semanten postingan kulo (Mbak Painten beli ketela, cukup sekian postingan saya).

Sumber : wawanwae.blogspot.com

Categories:

Leave a Reply

You Comment i follow .. Silahkan isi komentar ^_^